SELAMI
SEntra LAyanan Mandiri
Ilmu
(Untuk Pembelajaran yang Lebih Mendalam)
Tentang Pengembang
Platform ini dikembangkan oleh Bapak Muhammad Suriyanto,
S.Pd. (Guru SMP Negeri 2 Salapian, Kab. langkat, Prov. Sumatera Utara).
Silahkan
klik tombol dibawah ini untuk membaca Data diri Lengkap dari Pengembang Platform SELAMI.
Filosofi SELAMI
Platform SEntra LAyanan Mandiri Ilmu (SELAMI) dirancang
sebagai lingkungan pembelajaran digital yang berpusat pada murid (student-centered).
SELAMI
dibangun di atas pendekatan Pembelajaran Mendalam (PM) yang memiliki prinsip Berkesadaran
(Mindful), Bermakna (Meaningful) dan Menggembirakan (Joyful).
Kita semua percaya
bahwa pembelajaran sejati terjadi melalui siklus aktif pengalaman belajar yang meliputi kegiatan
Memahami konsep dasar, Mengaplikasikan dalam konteks nyata melalui
asesmen autentik, dan Merefleksikan setiap proses serta hasil belajar untuk
internalisasi dan pengembangan diri.
Platform SELAMI memiliki keunggulan yaitu
setiap proses dan progress kemajuan belajar murid akan terekam rapi dan dapat di akses kapan saja dan
dimana saja oleh murid, guru dan orangtua murid melalui akunnya masing-masing. Ini memastikan bahwa
kegiatan pembelajaran berlangsung secara berkelanjutan, terstruktur dan terpantau dengan baik.
Visi & Misi SELAMI
Visi:
Menjadi platform pembelajaran terpadu yang
memfasilitasi pembelajaran mendalam secara mandiri, menyenangkan dan termonitor untuk
semua jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA) di Indonesia.
Misi:
- Menyediakan satu pintu akses untuk semua kebutuhan belajar mulai dari materi, praktik, refleksi, hingga literasi.
- Memberdayakan murid untuk bertanggung jawab atas proses belajar mereka sendiri.
- Menerapkan pengalaman belajar terstruktur (Memahami, Mengaplikasi dan Merefleksi) secara konsisten.
- Memfasilitasi orang tua untuk mendukung perkembangan holistik murid dalam perannya mendampingi serta mengawasi proses belajar murid dirumah.
- Menyediakan alat manajemen pembelajaran yang efektif dan memudahkan bagi guru.
Kesesuaian Fitur dengan Pendekatan Pembelajaran Mendalam
Berikut adalah fitur-fitur utama SELAMI yang dirancang selaras dengan prinsip Pembelajaran Mendalam (PM), Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam (Nasmik PM) serta Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA).
A. Struktur dan Alur Pembelajaran (Guru & Murid)
- Tujuan Pembelajaran (TP) & Materi Pokok:
Guru dapat membuat TP per kelas (sesuai jenjang & mata pelajaran yang diampunya), lalu menyusun Materi Pokok di dalamnya.
Ini membantu guru dalam merancang pengalaman belajar yang terstruktur. - Tagging Dimensi Profil Lulusan:
Setiap Materi Pokok wajib ditandai dengan satu atau lebih dari 8 Dimensi Profil Lulusan (sesuai Nasmik PM).
Memastikan fokus pada pengembangan dan pencapaian kompetensi holistik murid. - Konten Belajar dengan pengalaman belajar 3M:
Konten belajar (bacaan, video, audio, infografis, Kuis, Proyek dll) dikelompokkan dalam pengalaman belajar Memahami dan Mengaplikasi.
Tahap Mengaplikasi dan Merefleksi baru terbuka setelah tahap sebelumnya tuntas, mendorong pembelajaran berkesadaran dan terstruktur sesuai alur pengalaman belajar mendalam. - Skalabilitas Jenjang & Kelas:
Platform mendukung penggunaan pada jenjang SD, SMP, SMA dengan struktur kelas yang sesuai.
Filter data memastikan guru dan murid hanya berinteraksi dengan konten yang relevan untuk jenjang, kelas, tingkat sekolah, dan mata pelajaran mereka. - Modal Konten & Akses Fleksibel:
Sebagian besar konten eksternal (berupa Video, berkas PDF, Bacaan, simulasi dll) ditampilkan dalam modal pop-up untuk menjaga fokus murid.
Konten yang tidak bisa di-embed terbuka di tab baru.
B. Asesmen Formatif dan Sumatif
- Kuis:
Guru membuat soal Pilihan Ganda (4 opsi jawaban untuk tingkat SD/SMP serta 5 opsi jawaban untuk tingkat SMA), mengatur batas kelulusan, waktu pengerjaan, percobaan maksimal mengerjakan kuis, dan pembahasan kuis.
Murid mendapatkan umpan balik berupa nilai & status kelulusan. Pembahasan terkunci hingga murid mendapatkan nilai 100 atau mencapai kesempatan percobaan kuis terakhir. Soal dapat ditautkan ke Dimensi Profil Lulusan.
Berfungsi sebagai Assessment for Learning. - Proyek (Asesmen Autentik):
Guru membuat tugas proyek (individu/kelompok), menyematkan panduan proyek dan menetapkan Rubrik Penilaian Proyek.
Murid mengumpulkan tugas proyek melalui link tugas/teks. Guru menilai berbasis rubrik dan dapat membuat kelompok belajar otomatis. Ada fitur Permintaan Revisi pengumpulan tugas oleh murid.
Ini adalah implementasi Asesmen Autentik (praktik, produk, projek) sesuai PPA, mendorong Kreativitas, Penalaran Kritis dan Kolaborasi. - Asesmen Sumatif (Level TP):
Guru membuat asesmen di akhir TP (soal Pilihan Ganda 4/5 opsi jawaban sesuai jenjang), memastikan soal tertaut ke seluruh Materi Pokok yang telah diajarkan, mengatur waktu & percobaan sumatif.
Murid mengerjakan asesmen sumatif setelah semua materi tuntas. Hasil berupa nilai dan umpan balik KKTP. Pembahasan terkunci hingga murid mendapatkan nilai 100.
Berfungsi sebagai Assessment of Learning.
C. Refleksi, Kolaborasi dan Interaksi
- Refleksi Model 4P:
Murid mengisi form refleksi terstruktur (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan) setelah menyelesaikan semua konten aktif pada bagian Memahami dan Mengaplikasi.
Ini adalah tahap Merefleksi dalam pengalaman belajar mendalam, mendorong internalisasi dan regulasi diri. - Galeri Refleksi & Umpan Balik Sejawat:
Murid dapat memilih tidak membagikan atau membagikan refleksinya kepada rekan teman yang lain.
Teman sekelas dapat melihat dan memberikan umpan balik tertulis, mengimplementasikan Assessment as Learning dan Peer Assessment. - Ruang Diskusi per Materi:
Forum tanya jawab di setiap materi untuk murid dan guru dapat saling berinteraksi.
Mendukung lampiran gambar (dengan kompresi otomatis). Guru dapat menghapus balasan. Notifikasi untuk balasan baru.
Memfasilitasi Kemitraan Pembelajaran antara murid dan guru.
D. Monitoring dan Umpan Balik
- Monitoring Guru:
Guru melihat progres penyelesaian materi per murid (sesuai jenjang/mapel/sekolahnya), lencana, riwayat detail Kuis/Proyek, dan hasil Refleksi 4P.
Guru juga dapat mengirim notifikasi individual ke setiap murid. - Akses Orang Tua (via Kode Pairing):
Akun Orang tua terhubung ke akun anaknya melalui kode unik untuk melihat ringkasan progres pembelajaran, aktivitas, refleksi serta riwayat Kuis/Proyek anaknya.
Hal ini mendukung Kemitraan Pembelajaran antara murid, orangtua dan guru. - Notifikasi Terintegrasi:
Sistem notifikasi di header untuk pesan guru, balasan diskusi, persetujuan revisi, dll.
Otomatis ditandai terbaca saat notifikasi diklik.
E. Fitur Pendukung Pembelajaran Mendalam Lainnya
- Peta Kompetensi (8 Dimensi Profil Lulusan):
Visualisasi diagram radar menunjukkan progres murid pada pencapaian 8 Dimensi Profil Lulusan, dihitung berdasarkan materi tuntas yang ditandai pada dimensi profil lulusan saat membuat materi pokok.
Dapat diakses murid, guru, dan orangtua untuk membantu melihat perkembangan holistik murid. - Lencana (Badges):
Gamifikasi sederhana berupa lencana "Langkah Pertama" (1 konten selesai) dan lencana otomatis per Materi Pokok tuntas (konten + refleksi).
Hal ini dapat memotivasi murid dan memberikan pengakuan setelah tuntas pembelajaran. - Perpustakaan Digital:
Guru mengelola koleksi bacaan digital dengan filter jenjang/kelas.
Murid mencari, memfilter, dan membaca via modal tersemat.
Hal ini mendukung peningkatan kemampuan literasi murid. - Sertifikat Digital:
Pembuatan sertifikat PDF otomatis (via WeasyPrint) saat murid tuntas Materi Pokok dan saat mencapai ketuntasan TP (nilai asesmen sumatif >= 66).
dilengkapi QR code unik.
Riwayat Pengembangan SELAMI
Platform SELAMI terus berkembang. Berikut adalah tonggak utama penambahan dan perubahan fitur:
-
Versi 1.0
- Inisiasi & Dasar: Pembuatan struktur dasar (User, TP, Materi, Konten), sistem autentikasi, dashboard awal.
- Kuis Interaktif: Implementasi fitur Kuis (soal PG, percobaan, waktu, nilai, status lulus).
- Refleksi & Gamifikasi: Penambahan fitur Refleksi 4P dan sistem Lencana (Badges).
- Monitoring Awal: Pembuatan halaman Monitoring Guru dan Detail Murid (progres dasar).
- Keterlibatan Orang Tua: Implementasi fitur Akun Orang Tua dengan Kode Pairing dan dashboard monitoring anak.
- Asesmen Autentik: Pengembangan fitur Proyek (individu/kelompok, rubrik, pengumpulan link/teks, penilaian berbasis rubrik).
- Asesmen Sumatif: Penambahan fitur Asesmen Sumatif di level TP, lengkap dengan umpan balik KKTP.
- Visualisasi Dimensi Profil Lulusan: Implementasi Peta Kompetensi dengan diagram radar berdasarkan 8 Dimensi Profil Lulusan.
- Interaksi & Kolaborasi: Pengembangan fitur Ruang Diskusi per materi (Tanya Jawab, balasan, lampiran gambar) dan Galeri Refleksi dengan Umpan Balik Sejawat.
- Sumber Belajar Tambahan: Pembuatan fitur Perpustakaan dengan manajemen koleksi oleh guru.
- Pengakuan Pencapaian: Implementasi fitur Sertifikat Digital otomatis untuk Materi Pokok dan TP.
- Penyempurnaan: Berbagai perbaikan UI/UX, optimasi (seperti kompresi gambar), validasi input, dan penanganan error.
- Manajemen & Keamanan: Penambahan fitur Admin Dashboard (manajemen user, backup), Lupa Password & Reset, serta Notifikasi terintegrasi.
- Skalabilitas & Fleksibilitas: Refaktor besar untuk mendukung multi-jenjang (SD/SMP/SMA), multi-kelas, mata pelajaran, dan validasi antar sekolah. Penyesuaian jumlah opsi kuis/asesmen berdasarkan jenjang. Penambahan filter data di seluruh platform.
- Struktur Skalabilitas Penuh (Rombel & TA): Refaktor database dan logika aplikasi besar-besaran dari sistem berbasis "Kelas" menjadi sistem "Rombongan Belajar" (Rombel) yang terikat pada "Tahun Ajaran" (TA).
- Fitur Naik Kelas & Arsip: Implementasi relasi Many-to-Many antara Murid dan Rombel, memungkinkan murid untuk "Naik Kelas" (dipindahkan ke Rombel baru di TA baru) sambil tetap mempertahankan riwayat/arsip progres belajar mereka di Rombel TA sebelumnya.
- Manajemen Akademik Terdistribusi:
- Admin: Sekarang fokus mengelola data global (Tahun Ajaran).
- Guru: Diberi wewenang penuh untuk membuat dan mengelola Rombel (termasuk mendaftarkan Guru lain dan Murid) di sekolah dan Tahun Ajaran aktif mereka.
- Penyempurnaan Alur Guru: Dashboard Studio diubah total. Guru sekarang mengelola "Master TP" (template) dan secara eksplisit meng-assign TP tersebut ke Rombel spesifik yang mereka ajar.
- Penyempurnaan Alur Murid: Pendaftaran murid diubah menggunakan "Cascading Dropdown" (Pilih Sekolah -> Pilih Rombel). Jalur Belajar murid sekarang 100% didasarkan pada TP yang di-assign ke Rombel mereka di TA yang dipilih.
- Fitur Kemitraan (Baru):
- Jurnal Perkembangan: Fitur bagi Orang Tua untuk menulis observasi (teks + foto) tentang anak, yang otomatis mengirim notifikasi ke semua guru di jenjang/sekolah anak.
- Direct Messaging (Chat): Sistem pesan langsung 1-lawan-1 antara Orang Tua dan Guru (per anak) dengan dukungan lampiran gambar.
- Bank Narasumber: Fitur bagi Orang Tua untuk mendaftarkan profesi/keahlian dan bagi Guru untuk mencari serta mengirim "Undangan Narasumber" digital untuk proyek.
- Pesan Massal (Guru): Alat bagi Guru untuk mengirim notifikasi ke semua Murid dan/atau Orang Tua di Rombel tertentu.
Versi 2.0
Versi 3.0
Pengembangan akan terus berlanjut untuk menjadikan SELAMI sebagai sentra belajar mengajar yang handal bagi ekosistem pendidikan yang membantu murid, guru dan orangtua dengan perannya masing-masing.